Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Transfer File Besar Antar Komputer

Cara cepat transfer file besar antar komputer -- ketika kita ingin menstrafer file besar antar komputer dengan kecepatan 125MB/detik atau setara dua kali lipat kecepatan rata-rata ketika menggunakan USB dan koneksi wireless, juga tanpa resiko transfer yang terputus.

Beberapa pilihan untuk mentransfer file antara PC atau leptop,pilihan pertama pastinya USB atau jaringan wireless.

Dan ketika kita ingin mentransfer file dengan cepat antar dua komputer yang berada pada tempat yang sama biasanya masih menggunakan kabel ethernet.

Kabel Ethernet (LAN)

Kabel Lan ini biasanya digunakan untuk jaringan lokal dan menghubungkan PC ke router untuk akses internet kabel.

Sebuah kabel standar CAT5E mampu mentransfer data pada kecepatan 1000 Megabits/detik, yang kalau dikonversi sekitar 125 megabyte/detik. 

Dan kita hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk mentransfer 1GB, dan untuk file besar atau file MP3 hanya membutuhkan waktu 1 menit.

Cara Mengatur Kabel Ethernet Super Cepat



1. Hubungkan dua PC dengan Kabel Ethernet.

Kabel ini bisa didapatkan hanya beberapa puluh ribu rupiah saja. Kita membutuhkan kabel tersebut untuk menghubungkan dua komputer,kita juga bisa minta dibuatkan kabel crossover saat membeli.

Cara memasangnya masukan ujung kabel ke komputer 1 dan masukan ujung lainnya ke komputer 2, setiap ujung pada masing-masing port harusnya sama.



2. Matikan Password Pada PC 1

Pada PC yang filenya ingin dishare (PC1), buka "Network and Sharing Center" dan kemudian ke "Change Advanced Sharing setting", setelah itu aktifkan "Trun off pasword sharing".


3. Buat IP Address

Kembali ke jendela utama "Network and sharing center" dan pilih "Ethernet",  klik link tersebut dan klik tombol "Properties". Dan selanjutnya pilih Internet Protocol version 4 dan klik Properties. Dan  kalian perlu mengatur alamat IP kalian sehingga PC 2 dapat mengenalinya.



4. Share Folder 

Pada PC 1 browser ke file yang kalian ingin transfer. Klik kanan dan pilih "share with" dan"specific people".

Dari drop down menu pilih "Everyone" dan klik Add. Kemudian klik tanda panah yang menghadap kebawah disamping teks "Read" dan rubah ke "Read /Write" kemudian klik Share dan ulangi proses untuk semua file yang ingin ditransfer ke PC 2.

5. Transfer file

Jika kalian mau beralih ke PC 2 dan masuk ke folder "Netwrok" kalian sekarang akan melihat Icon untuk PC 1. Klik dua kali untuk mengaksesnya, kalian akan mendapati semua file dan folder yang dishare sebelumnya. Dan kalian juga bisa copy dan paste ke lokasi PC 2 untuk transfer file dengan kecepatan tinggi.

Penutup


Dengan kabel Ethernet kalian tidak perlu khawatir tentang melemahnya koneksi yang terjadi dengan koneksi wireless. Itulah cara tercepat untuk mentransfer file dari PC ke PC. Sekian dulu pembahasan kami terima kasih.