Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis - Jenis Saklar Listrik

Mengenal Jenis - Jenis Saklar Listrik -- Saklar adalah Alat yang digunakan untuk menghubungkan atau memutuskan arus listrik.Biasanya,Saklar identik untuk mengontrol lampu dan menghidupkan atau mematikan arus listrik ke peralatan elektronik lainnya.

Saklar terdiri dari dua bilah logam yang ditempelkan dalam sebuah rangkaian.kedua bilah tersebut akan terhubung jika dalam posisi hidup dan jika terpisah maka posisinya mati.

Kami akan membantu anda untuk menemukan saklar yang tepat.

Jenis - Jenis Saklar

Dibawah ini merupakan beberapa jenis saklar yang bisa kalian ambil kegunaannya untuk di perhatikan supaya lebih tau lagi dan tidak salah dalam mengartikan saklar:

Saklar Push Button

Saklar push button ini sangat banyak digunakan oleh masyarakat dan saklar tersebut sangat mudah digunakan cukup dengan menekannya untuk menghubungkan atau memutuskan aliran listrik.

Saklar Toggle

Sistem kerja saklar tersebut dengan menggerakkan tuas dan ukurannya sangat kecil.sehingga dipakai pada perangkat elektronik bukan mesin atau lampu listrik.

Saklar Mekanik

Saklar mekanik adalah saklar yang bisa berpindah ke posisi on atau off secara otomatis jika mengalami perubahan ukuran parameter.
Contohnya saklar pada rice cooker.

Saklar Selector Switch atau SS

Saklar ini dijalankan dengan cara menggeser atau memutar tombolnya.saklar ini biasanya digunakan pada alat yang memiliki beberapa tingkat operasi.
Seperti pada lampu dimmer yang memiliki tingkat pendar cahaya berbeda atau mesin cuci untuk mengatur kecepatanny.

Saklar Limit Switch atau LS

Saklar LS menggunakan alat yang bernama plunger yang berfungsi untuk memutar dan menekan tuas agar posisi saklar otomatis menjadi on. Saklar ini terdari dari berbagai jenis, seperti Plunger Roller,Standar,Woller dan Rod.

Penutup

Sekian pembahasan kami mengenai artikel tentang mengenal jenis-jenis saklar listrik dan jangan lupa untuk mampir kembali diSkuywaca news. Tetaplah belajar supaya kamu lebih memahami tentang kelistrikan.