Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Seputar Instalasi Pipa Air Yang Benar

Tips Seputar Instalasi Pipa Air Yang Benar -- hallo, kali ini Skuywaca News akan memberitahu kepada kalian yang masih bingung nih ! bagaimana sih cara menginstalasi pipa air dengan baik dan benar? Simak Ulasan ini sampai selesai!

Untuk kalian semua pasti akan selalu memperhatikan area yang tampak dari luar dan kegiatan ini sangat berlangsung didalamnya salah satunya adalah Pumbling atau perpipaan. 

Pasti kalian sangat memperhatikan sistem ini  terutama pada Standarisasi Produk dengan baik mulai dari fungsi,bahkan keselamatannya.

Jenis dan Spesifikasi Pipa yang sangat variatif

1. Jenis Pipa PVC - adalah jenis pipa yang sangat populer untuk digunakan dalam rumah tangga. Jenis pipa PVC ekonomis ini memiliki kualitas terbaik.
2. Pipa Alderon - adalah Pipa yang memiliki kualitas dan performa yang dipengaruhi oleh sistem yang terkonstruksi  dengan baik.

Selain jenis pipa kalian juga pastinya membutuhkan peralatan yang dibutuhkan dalam instalasi pipa.  Apa sih yang dibutuhkan untuk Instalasi pipa air?

Cara Memasang Pipa Air yang Tepat

Sebelumnya memasang pipa air kalian harus menyiapkan peralatan yang umumnya digunakan dalam instalasi pipa: 
#. Alat pemotong pipa
#. Pembersih pipa
#. Amplas dan kain Pembersih
#. Lem Pipa PCP
#. Kuas Cat
#. Fitting atau Sambungan pipa

Setelah semuanya sudah tersedia kalian sudah bisa memasang pipa airnya.

1. Tentukan Sumber air

Sebelum dipasang pipa air kalian harus mengetahui sumber air yang akan kalian gunakan. Biasanya untuk mendapatkan air yang bersih kalian akan menggunakan jaringan PAM dan Air Tanah. Setelah menentukan sumber air kalian harus menentukan jenis dan ukuran pipa yang dibutuhkan.

2. Letak Sistem pipa

Teknis pemasangan pipa air ini dapat dilakukan dengan 2 metode yaitu instalasi tanam atau menempel.

3. Model Konstruksi Pipa

Selain letak pipa,kalian juga perlu menentukan model untuk sistem pemasangannya. Model instalasi dengan sistem tertutup pada umumnya ditemukan diarea yang membutuhkan tekanan air lebih kuat,karena seluruh pipa tersambung tanpa ada bagian yang terputus. 

Sedangkan instalasi dengan sistem terbuka memerlukan perencanaan yang lebih teliti untuk menghindari aliran debit air yang tidak merata dan timbulnya gangguan lain.

4. Material Pipa

Jenis material pipa sangat beragam seperti Pipa PCV atau uPCV,Selain itu juga ada pipa dengan material Tembaga,Galvanis sampai HDPE. Masing-masing memiliki fungsi dab jumlah biaya pembelian sampai pemasangan pastinya.

Namun Pipa air jenis PCV dan uPCV lah yang paling direkomendasikan karena terbuat dari bahan dasar Polivinyl Chloride. 

Sekalipun mengandung plasticizier ,material PCV sangat dikenal aman serta jauh dari kandungan zat yang dapat mengkontaminasi air dan bahaya kesehatan.

Penutup


Terimakasih untuk kalian yang sudah membaca tips seputar instalasi pipa air ini di skuywaca news semoga informasi ini bisa untuk menambah pengetahuan kita semua.