Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ibu Kota Negara Pindah Dari Jakarta Ke Kalimantan

Skuywaca news -- Hallo sobat, kalian pasti sudah tau kan, dengan beredar berita yang cukup mengejutkan yaitu pindahnya ibu kota negara. Nah, kalian juga pasti sudah tau mau pindah kemana ibu kota negara kita?

Ibu kota negara saat ini sudah disah kan dan resmi pindah Ke kalimantan. Dan ibu kota negara yang awalnya Ibu Kota Jakarta akan diganti menjadi Ibu Kota Nusantara.

Dan DPR RI menetapkan Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) menjadi Undang- Undang (UU). Dan untuk undang-undang IKN ini juga menyetujui nama IKN menjadi Nusantara.

Kata Suharso di gedung DPR, bahwa "kita memiliki kewenangan penyelenggara ibu kota negara sekaligus akan melakukan persiapan dan pemindahan ibu kota negara", selasa (17/1/2022).

Beliau juga menjelaskan IKN juga ditetapkan sebagai simbol negara, adapun proyek IKN ini dilakukan melalui pembangunan jangka panjang.

Ibu Kota Negara Pindah Dari Jakarta Ke Kalimantan

Lebih lanjut suharso juga mengatakan nama nusantara dipilih karena kata tersebut sudah dikenal sejak lama dan ikonik didunia internasional. 

Dan IKN juga memiliki fungsi Central dan jadi simbol negara jadi jati diri bangsa, karena pemerintah bersama DPR, bahkan pemerintah pembangunan ibu kota negara harus menjawab jangka panjang indonesia.

Alasan pindahnya ibu kota negara ke kalimantan timur, karena kalimantan memiliki lokasi yang strategis, dan juga berdasarkan pertimbangan keunggulan wilayah dan sejalan dengan gravitasi ekonomi baru, dan sekaligus di kalimantan minim bencana, Tandasnya.

Penutup

Mungkin cukup itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai ibu kota negara, dan terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan menambah informasi bagi kita semua.